You are here: Home Program Studi S2 Pendidikan Fisika

Fisika UM

S2 Pendidikan Fisika

E-mail Print PDF

Rasional

Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana UM diselenggarakan dengan beberapa dasar pemikiran. Di antara pemikiran tersebut adalah untuk 1) memenuhi minat dan memfasilitasi peningkatan karir para guru fisika di SMP dan SMA untuk peningkatan keprofesionalan melalui pendidikan fisika jenjang magister (S-2); 2) memenuhi permintaan lulusan Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika dan Sarjana Fisika, serta dosen-dosen di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang masih bergelar sarjana (S-1) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S-2); dan 3) memenuhi kebutuhan stakeholder lainnya yang memiliki minat dan perhatian terhadap Pendidikan Fisika untuk memperoleh pendidikan jenjang magister pada bidang Pendidikan Fisika. Pemikiran tersebut memberikan inspirasi dan peluang untuk menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Fisika di Pascasarjana UM. Secara kelembagaan, penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Fisika ini sangat didukung oleh Pascasarjana dan Universitas Negeri Malang. Penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Fisika ini diharapkan dapat  membantu meningkatkan sumber daya manusia Indonesia pada umumnya dan mutu Pendidikan Fisika pada khususnya.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi
Program Magister Pendidikan Fisika sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi, bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika.

Misi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan dan pembelajaran di bidang pendidikan Fisika yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi layanan akademik prodi yang bermutu dan berdaya saing.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan Fisika, ilmu pengetahuan Fisika, dan teknologi.
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Tujuan
Program Magister Pendidikan Fisika bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi tertentu. Lulusan Program Magister Pendidikan Fisika diharapkan ;

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. memiliki penguasaan materi bidang studi Fisika yang memadai sebagai dasar mengembangkan kompetensi keguruan di sekolah dan perguruan tinggi;
  3. memiliki kemampuan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran Fisika sebagai  dasar mengembangkan keahlian dalam pembelajaran Fisika;
  4. memiliki kemampuan menyelesaikan problematika pendidikan dan pembelajaran Fisika;
  5. memiliki kemampuan mengembangkan ilmu dan teknologi melalui penyelenggaraan  pembelajaran, penelitian, pengembangan dan kegiatan ilmiah lainnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika;
  6. bersifat terbuka, tanggap, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Capaian Pembelajaran

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, setiap lulusan Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang hendaknya memiliki kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Capaian pembelajaran lulusan Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang adalah sebagai berikut.

SIKAP DAN TATA NILAI
Setiap lulusan Program Magister Pendidikan Fisika harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETERAMPILAN UMUM
Lulusan Program Magister  Pendidikan Fisika wajib memiliki keterampilan-umum sebagai berikut.

  1. mampu mengembangkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmupengetahuandan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasitingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitianyang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanioraberdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS
Lulusan Program Magister  Pendidikan Fisika wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

1.    mengembangkan model pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika;
2.    mengidentifikasi dan memecahkan problematika pendidikan dan pembelajaran fisika dengan menggunakan berbagai pendekatan inter atau multidisipliner;
3.    melakukan penelitian pendidikan fisika dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi  dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji;
4.    mempublikasikan karya ilmiah di tingkat nasional dan atau internasional berdasarkan hasil penelitian pendidikan fisika.

PENGETAHUAN
Lulusan Program Magister  Pendidikan Fisika wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut:

1.    menguasai metodologi penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif;
2.    menguasai filosofi pendidikan dan  teori belajar berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika;
3.    menguasai konsep dan prinsip ilmu fisika lanjut;
4.    menguasai berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran fisika berorientasi pada pendekatan inter atau multidisipliner.

Profil dan Kompetensi Lulusan

Program Magister Pendidikan Fisika dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai Pendidik Bidang Fisika, dan Peneliti dan Pengembang Pendidikan Fisika. Profil tersebut dicapai dengan uraian kompetensi lulusan yang didasarkan pada deksripsi KKNI level 8.

 

Struktur Kurikulum

S2pen-Struktur Kurikulum

Deskripsi Mata Kuliah.

Download link dibawah.

Attachments:
FileDescriptionUploaderFile sizeLast modified
Download this file (s2penfis-DESKRIPSI MATA KULIAH.pdf)Deskripsi Mata Kuliah S2 Pend Fis admin85 Kb15/09/15 13:57
 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book