You are here: Home Program Studi S2 Fisika Visi Misi

Fisika UM

Visi Misi Tujuan S2 Fisika

E-mail Print PDF

Visi
adalah "menjadi program studi magister unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi dalam ilmu fisika dan penerapannya.”

PS Magister Fisika mempunyai keunggulan dalam bidang kajian material maju berbasis bahan alam maupun bahan sintesa. Keunggulan ini didukung oleh sumber daya manusia dan sumber daya laboratorium yang mendukung penelitian material maju. Sejauh ini keunggulan kajian material maju yang sudah dicapai oleh PS Magister Fisika adalah pengakuan karya dosen oleh masyarakat ilmiah melalui seminar internasional terindex Scopus, jurnal internasional bereputasi, paten dalam bidang material maju. Berdasarkan potensi sumber daya yang dimiliki maka diharapkan dalam waktu 5 tahun (mulai tahun 2015 sampai 2019), PS Magister Fisika dapat menjadi rujukan dan unggulan dalam bidang kajian material maju di tingkat nasional.


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika yang berorientasi pada inovasi dan kreativitas pembelajaran;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang  fisika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan bidang Fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.


Tujuan

Tujuan PS Magister Fisika FMIPA UM dirumuskan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut. Tujuan umum PS Magister Fisika FMIPA UM adalah menghasilkan lulusan Magister (S2) Fisika yang profesional, kreatif, inovatif, dan mampu bersaing pada level nasional dan internasional.

Tujuan khusus PS Magister Fisika FMIPA UM adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Fisika jenjang magister yang berorientasi pada inovasi pembelajaran dan kreativitas mahasiswa yang ditandai dengan hal-hal berikut:
    1. Meningkatnya kualitas  pembelajaran Fisika jenjang magister yang berorientasi pada inovasi pembelajaran dan kreativitas mahasiswa;
    2. Berkembangnya  potensi dan karakter, motivasi, dan kepekaan sosial mahasiswa.
    3. Dihasilkannya lulusan yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Meningkatkan relevansi dan daya saing PS Magister Fisika melalui penelitian dalam bidang Fisika dan penerapannya.
    1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas publikasi dan karya ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
    2. Meningkatnya kinerja prodi dan sumberdaya dalam menunjang produktivitas karya ilmiah.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Fisika dan penerapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
    1. Meningkatnya karya pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil kajian dan penelitian.
    2. Meningkatnya kinerja prodi dan sumberdaya dalam memberuikan layanan kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan kinerja program studi magister yang akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.
    1. Terselenggaranya tatapamong yang akuntabel dan transparan dalam layanan pendidikan
    2. Meningkatnya manajemen tenaga kependidikan


Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan (kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya) mahasiswa PS Magister Fisika FMIPA UM adalah sebagai berikut. Kurikulum PS Magister Fisika FMIPA UM disusun untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang bersandar pada SK Menteri Pendidikan Nasional No 045/U/2002 tentang kurikulum inti perguruan tinggi dan Peraturan Presiden RI No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta selaras dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti) dan dalam naungan kesepahaman Himpunan Fisika Indonesia (HFI). Kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi khusus tersebut dirumuskan untuk mewujudkan visi-misi PS Magister Fisika FMIPA UM sehingga dituangkan sebagau berikut.

Kompetensi Utama
1)  Memiliki pribadi unggul dalam sikap dan tata-nilai sebagai insan ilmiah yang bertaqwa.
2)  Memiliki penguasaan teori fisika klasik dan modern lanjut serta metode fisika untuk aplikasi IPTEK.
3)  Memiliki penguasaan pengetahuan tentang teknologi sintesis material maju berbasis bahan alam.

Kompetensi Pendukung
1)  Mampu mengembangkan IPTEK terkait gejala dan masalah fisis melalui analisis dan sintesis hasil riset
2)  Mampu mengembangkan model matematis dan atau model fisis dengan pendekatan inter- atau multidisiplin untuk memecahkan masalah IPTEK terkait dengan fisika
3)  Mampu mengelola riset dan mengembangkan keilmuan fisika atau fisika terapan untuk menghasilkan model/metode/teori yang teruji dan inovatif, serta mempublikasikannya pada forum atau jurnal ilmiah pada tingkat nasional/internasional sehingga menjadi rujukan.
4)  Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
5)  Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri serta mehami dasar filosofi ilmu fisika untuk menguatkan sikap ilmiah.

Kompetensi Khusus
1)  Mampu menganalisis dan mensintesis hasil riset material maju berbasis bahan alam sebagai pengembangan IPTEKS.
2)  Mampu mengembangkan model matematis dan atau model fisis dengan pendekatan interdisiplin- atau multidisiplin untuk memecahkan masalah Fisika dan IPTEKS terkait dengan kajian tentang material maju berbasis bahan alam.
3)  Mampu mengelola riset dan mengembangkan keilmuan fisika atau fisika terapan  dalam kajian material maju berbasis bahan alam untuk menghasilkan model/metode/teori yang teruji dan inovatif.


Newer news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book