You are here: Home Program Studi S1 Pendidikan Fisika Kompetensi Lulusan S1 Pend. Fisika

Fisika UM

Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Fisika

E-mail Print PDF

Kompetensi

Deskripsi Kompetensi

Mata Kuliah

(1)

(2)

(3)

UTAMA- Sikap

(Standar Nasional Pendidikan Tinggi) – (KKNI Deskprisi Umum dan Level 6 Paragraf 4)

  • Bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuanorisinal orang lain;
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

  • Pendidikan Agama Islam/ Protestan/ Katolik/ Hindu/ Budha (dipilih sesuai dengan agama yang dianut)
  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia Keilmuan

UTAMA- Keterampilan Umum (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) - (KKNI Level 6 Para-graf 1, 2, dan 3)

  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika;
  • Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri, bermutu, dan terukur;
  • Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Bertanggung jawab atas pencapaian hasil
  • kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar


  • Kajian Praktik Lapangan (KPL)
  • Seminar Pendidikan Fisika
  • Skripsi
  • Model Pembelajaran Inovatif
  • Metode Penelitian Gabungan
  • Penelitian Tindakan Kelas
  • Penelitian dan Pengembangan
  • Metodologi Penelitian Pendidikan
  • Statistika Kependidikan


UTAMA- Keterampilan Khusus  (KKNI Level 6 Paragraf 1, 3, dan 4)

  • Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas untuk mengembangkan kemampuan berpikir, dan sikap ilmiah pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan lingkungan sekitar;
  • Mengkaji dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang telah teruji ;
  • Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;
  • Mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif.;
    • Penilaian Pendidikan Fisika
    • Asesmen Formatif
    • Asesmen Otentik
    • Asesmen berbasis Komputer
    • Bahasa Inggris Untuk Fisika
    • Metode Penelitian Fisika I Manajemen Lembaga Pendidikan
    • Telaah Kurikulum Fisika Sekolah
    • Manajemen Kelas
    • Etika Profesi
    • Materi dan Pembelajaran Fisika I
    • Materi dan Pembelajaran Fisika II
    • Pembelajaran Fisika dalam Bahasa Inggris
    • Bahasa Inggris untuk Guru Fisika

  • Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
    • Pengembangan Model Pembelajaran Fisika
    • Pembelajaran Hibrid Pengembangan Bahan ajar Fisika
    • Media Pembelajaran Fisika I
    • Media Pembelajaran Fisika II
    • Strategi Pembelajaran Fisika

UTAMA -Pengetahuan (KKNI Level 6 Paragraf 2)

  • Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;
  • Menguasai strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika;
  • Menguasai kurikulum fisika sekolah dan implementasinya dalam pembelajaran fisika untuk mendiagnosis dan membantu kesulitan belajar peserta didik
  • Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;
  • Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;
  • Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;
  • Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah dan pendidikan lanjut
  • Dasar-Dasar Sains
  • Kimia
  • Biologi
  • Algoritma dan Pemrograman
  • Fisika Komputasi
  • Perkembangan Peserta Didik
  • Pengantar Pendidikan
  • Belajar Pembelajaran
  • Kemampuan Dasar Mengajar
  • Fisika Dasar I
  • Fisika Dasar II
  • Fisika Dasar III
  • Mekanika
  • Elektromagnet
  • Termodinamika
  • Getaran dan Gelombang
  • Optika
  • Fisika Modern
  • Elektronika Dasar I
  • Elektronika Dasar II
  • Elektronika Digital
  • Fisika Kuantum
  • Fisika Statistik
  • Fisika Inti
  • Fisika Zat Padat
  • Praktikum Fisika Dasar I
  • Praktikum Fisika Dasar II
  • Praktikum Fisika Dasar III
  • Praktikum Gelombang Optik
  • Praktikum Fisika Modern
  • Praktikum Elektromagnet
  • Praktikum Elektronika Dasar I
  • Praktikum Elektronika Dasar II
  • Dasar-Dasar Instrumentasi Fisika

PENDUKUNG -Pengetahuan (KKNI Level 6 Paragraf 1, 2, dan 3)

  • Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;
  • Matematika I
  • Matematika II
  • Fisika Matematika I
  • Fisika Matematika II

LAINNYA


  • Kewirausahaan


 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book