You are here: Home Program Studi S1 Fisika Visi, Misi, Tujuan, Startegi S1 Fisika

Fisika UM

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran

E-mail Print PDF

VISI

MENJADI PROGRAM STUDI UNGGULAN DAN MENJADI RUJUKAN DALAM ILMU, PENELITIAN DAN PENERAPAN FISIKA.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang fisika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas PS Fisika secara berkelanjutan

TUJUAN SASARAN DAN STATEGI PENCAPAIANNYA

KODE

SASARAN

STRATEGI

S1

Tersedianya layanan akademik PS Fisika

 

A.1-S1.01

Meningkatnya daya tampung.

Peningkatan daya tampung.

A.1-S1.02

Meningkatnya relevansi PS Fisika dengan kebutuhan stakeholders.

Peningkatan relevansi program studi dengan kebutuhan pemangku kepentingan.

D.1-S1.03

Meningkatnya peringkat PS Fisika di dalam perguruan tinggi.

Peningkatan posisi PS Fisika dalam peringkat perguruan tinggi dunia.

D.1-S1.04

Pemfasilitasian PS Fisika untuk memperoleh akreditasi A.

Dukungan bagi PS Fisika untuk memperoleh akreditasi A.

A.1-S1.05

Pengembangan sarana dan prasarana (sumber daya) pada inovasi pembelajaran.

Pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran.

C.1-S1.06

Pengembangan produk unggulan PS Fisika.

Pengembangan produk unggulan PS Fisika.

B.1-S1.07

Optimalisasi Kelompok Bidang Keahlian (KBK).

Pengoptimalan dosen Kelompok Bidang Keahlian (KBK).

A.1-S1.08

Peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru.

B.1-S1.09

Pengembangan keunggulan kompetitif PS Fisika.

Pengembangan keunggulan kompetitif PS Fisika.

A.1-S1.10

Pengembangan pendidikan karakter.

Pengembangan pendidikan karakter.

S2

Tersedianya dosen dan tenaga kependidikan yang bermutu

 

D.1-S2.01

Rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi akademik dan memiliki kompetensi dalam mengembangkan inovasi pembelajaran.

Rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi akademik dan memiliki kompetensi dalam mengembangkan inovasi pembelajaran.

D.1-S2.02

Peningkatan kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

Peningkatan kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

D.1-S2.03

Peningkatan jumlah dosen yang lulus pendidikan lanjut di luar negeri.

Peningkatan jumlah dosen yang lulus studi lanjut dari perguruan tinggi yang kredibel, baik di dalam maupun luar negeri.

A.1-S2.04

Peningkatan kualifikasi akademik dosen ke jenjang   S2/S3.

Peningkatan kualifikasi akademik dosen ke jenjang   S2/S3.

D.1-S2.05

Peningkatan pembinaan dosen setelah memperoleh sertifikat pendidik.

Peningkatan pembinaan dosen setelah memperoleh sertifikat pendidik.

A.1-S2.06

Peningkatan penyelenggaraan program SAME (Schame for Academic Mobility and Exchange).

Peningkatan penyelenggaraan program sandwich dan SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange).

S3

Terlaksananya pengembangan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembelajaran

 

B.1-S3.01

Peningkatan sinergi penelitian dan pengembangan pembelajaran.

Peningkatan sinergi penelitian dan pengembangan pembelajaran.

C.1-S3.02

Peningkatan sinergi pengabdian dan pengembangan pembelajaran.

Peningkatan sinergi pengabdian dan pengembangan pembelajaran.

B.1-S3.03

Peningkatan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.

Peningkatan publikasi ilmiah nasional dan internasional.

B.1-S3.04

Peningkatan perolehan HaKI.

Peningkatan perolehan HaKI.

D.1-S3.05

Optimasi sumber daya untuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan pembelajaran.

Optimasi sumber daya untuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan pembelajaran.

B.1-S3.06

Peningkatan layanan akses internet, e-journal dan e-book.

Peningkatan layanan akses internet, e-journal dan e-book.

S4

Tersedianya layanan kelembagaan

 

C.1-S4.01

Peningkatan kerjasama dengan lembaga mitra.

Peningkatan kerjasama dengan lembaga mitra.

C.1-S4.02

Optimalisasi pengelolaan aset yang berpotensi sebagai income generating.

Optimalisasi pengelolaan aset yang berpotensi sebagai income generating.

C.1-S4.03

Optimalisasi pengembangan TIK untuk layanan kelembagaan.

Optimalisasi pengembangan TIK untuk layanan kelembagaan.

A.1-S4.04

Peningkatan sumber dana beasiswa dan penyalurannya.

Peningkatan sumber dana beasiswa dan penyalurannya.

D.1-S4.05

Peningkatan promosi ke dalam dan luar negeri.

Peningkatan promosi ke dalam dan luar negeri.

D.1-S4.06

Peningkatan citra PS Fisika FMIPA UM di tingkat nasional dan internasional.

Peningkatan citra PS Fisika di tingkat nasional dan internasional melalui kompetisi bidang ipteks dan olahraga.

S5

Terpenuhinya dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis

 

D.1-S5.01

Pembuatan kontrak kinerja pejabat baru di awal masa jabatan dan kontrak kinerja unit di awal tahun anggaran.

Pembuatan kontrak kinerja pejabat baru di awal masa jabatan dan kontrak kinerja unit di awal tahun anggaran.

D.1-S5.02

Implementasi SABMN.

Implementasi SABMN

D.1-S5.03

Pengembangan tata kelola badan usaha.

Pengembangan tata kelola badan usaha.

D.1-S5.04

Pengembangan sistem akuntansi yang mendukung pengelolaan keuangan BLU.

Pengembangan sistem akuntansi yang mendukung pengelolaan keuangan BLU.


Related news items:
Newer news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book