You are here: Home Foton

Fisika UM

Jurnal Foton Jurusan Fisika UM

E-mail Print PDF

FOTON
Jurnal Fisika dan Pembelajarannya


FOTON Jurnal Fisika dan Pembelajarannya berisi tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual dalam bidang fisika, hasil penelitian, kajian pustaka, analisis dan aplikasi teori, resensi buku, dan pengajaran fisika. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.

Informasi

Ketua Penyunting
Dr. Supriyono Koeshandayanto. M.Pd.,MA

Penyunting Ahli
Prof. Dr. Arif Hidayat. M.Si
Dr. Siti Zulaikah. M.Si
Dr. Wartono M.Pd
Dr. Sutopo. M.Si
Dr. Muhardjito. M.S
Dr. Markus Diantoro. M.Si
Dr. Lia Yuliati. M.Pd
Dr. Risa Suryana (UNS)
Dr. Z.A. Imam Supardi (UNESA)

Penyunting Pelaksana
Eny Latifah Dr., M.Si

Tata Usaha
Putut Januarto

Alamat Penyunting dan Tata Usaha:
Jurusan Fisika FMIPA UM Jl. Gombong No. 4 Malang 65145, Gedung Fisika. Telepon: (0341) 552125.
E-mail:  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

  • FOTON diterbitkan oleh Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Dekan: Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si, Ketua Jurusan: Dr. Markus Diantoro, M.Si. Terbit pertama kali tahun 1997 dengan nama FOTON. 
  • Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain. Naskah diketik dengan spasi rangkap pada kertas A4 menggunakan MS-Word atau Latex, panjang 12 - 20 halaman sebanyak 2 eksemplar beserta disketnya.
  • Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting Ahli dan atau Peninjau Ahli. Penyunting dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah maksud dan isinya. Langganan 2 nomor setahun Rp. 50.000,00. Uang langganan dapat dikirimkan dengan wesel ke alamat Redaksi atau melalui Bank BNI CAPEM UM Jl. Surabaya 4 Malang, Rekening No: 0052484230 atas nama Dr. Arif Hidayat.
  • Jurnal ini diterbitkan di bawah pembinaan Tim Pengembang Jurnal Universitas Negeri Malang.
    Pembina: H. Suparno (Rektor). Penanggung Jawab: M. Saleh Marzuki (PR I). Ketua: Ali Saukah. Anggota: H. Suhadi Ibnu, H. Amat Mukhadis, Mulyadi Guntur Wasesa, Margono, H. Iman Agus Basuki. Staf Teknis: H. Amin Sidiq, Aminarti S. Wahyuni. Pembantu Teknis: Stefanus S Husada,, Sukanto, A. Munir, Moh. Anwar.

Petunjuk Bagi Penulis

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan spasi rangkap pada kertas A4, panjang 12-20 halaman dengan menggunakan MS Word atau Latex dan diserahkan paling lambat 3 bulan sebelum bulan penerbitan dalam bentuk print out sebanyak 2 eksemplar dan file-nya pada CD.
  2. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian teori, aplikasi teori, tinjauan kepustakaan, dan resensi buku baru.
  3. Semua karangan ditulis dalam bentuk esai, disertai judul subbab (heading) dengan masing-masing bagian. Peringkat judul subbab dinyatakan angka arabik.
  4. Setiap artikel harus disertai (a) abstrak maksimum 200 kata, (b) kata kunci, (c) identitas penulis, (d) pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, (e) kajian pustaka, (f) metode, (g) hasil dan pembahasan, (h) kesimpulan, dan (i) daftar rujukan.
  5. Daftar rujukan disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis
    Austin, George, T. 1996. Industri Proses Keramik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
    Aoyama, K. and Minowa, J. 1977. Optical demultiplexer for a wavelength division multiplexing system. Appl. Optics Vol.18. h. 1253-1258.
  6. Tatacara penyajian kutipan rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Artikel, dan Makalah (Universitas Negeri Malang, 2004). Naskah diketik dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book