You are here: Home

Fisika UM

awwat warta

Info User

awwat warta
Send Email
--------
Mahasiswa
kediri
awwat warta
badalpandean ngadiluwih kediri
Formal
1. TK Kusuma Mulia Badalpandean
2. SDN Badalpandean
3. MTs Raudlatut Thalabah
4. MA Raudlatut Thalabah
5. S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Non Formal
1. Ponpes Miftahul Huda Gading Malang
MA Raudlatut Thalabah
10/01/1993
120321402481
S1 P. Fisika
2012
Mahasiswa
--------

Status User

438
OFFLINE
4 years ago
15 months ago
16 months ago
0
--------
--------
--------
     

Artikel



This user has no published articles.

Rekan

This user has no current connections.

Buku Tamu

Tulis/tinggalkan pesan untuk user ini.



This user currently doesn't have any posts.

Profile Blog



This user currently doesn't have any posts.

Galeri dan file


Only Registered Members Allowed to view the 0 items in this Gallery!

1. Pendaftaran Skripsi

KHSSemester7_5742cc93819de.jpg KHSSemester7.jpg
Genap
2015/2016

2. Proposal Skripsi

PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) BERBANTUAN EDMODO MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR UNTUK SMA KELAS XI SMAN 4 MALANG

 

PROPOSAL

 

Diajukan untuk memenuhi Mata Kuliah

Seminar Pendidikan Fisika kepada :

Dra. Endang Purwaningsih, M.Si

 

Oleh

NAMA            : Awwat Warta

NIM                : 120321402481

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PRODI PENDIDIKAN FISIKA

SEPTEMBER 2015

  1. A. LATAR BELAKANG

Era globalisasi dan era komunikasi ditandai dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (Yulianti, 2012: 127), teknologi sebagai lambang kemajuan era modern telah mempengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat terlepas dari perubahan-perubahan dalam bidang pendidikan (Nanang, 2013: 2), pada saat pendidikan dapat berkembang dengan pesat dalam suatu masa, maka teknologi juga akan berkembang mengikuti  pendidikan. Salah satu dari disiplin ilmu pengetahuan yang berperan penting dalam perkembangan globalisasi dunia adalah ilmu fisika.

Menurut (Lazarowitz & Tami, 1994 dalam Yulianti, 2012: 128) ada lima faktor yang dapat memfasilitasi keberhasilan pembelajaran sains yang melibatkan kegiatan laboratorium. Kelima faktor itu adalah: kurikulum, sumber daya, lingkungan belajar, keefektifan mengajar, dan strategi asesmen, suatu pembelajaran fisika disebut efektif saat mengaplikasikan media pembelajaran didalam proses, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar (Nanang, 2012: 2)

Pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam sekolah dipertegas dari hasil observasi peneliti di SMAN 4 Malang, dimana selama proses pembelajaran yang dilakukan, guru tidak menggunakan bantuan media pembelajaran, ketidak efektifan pembelajaran dapat dilihat dari respons 47 siswa selama mengikuti pelajaran, hanya 59% siswa yang dapat menyimak pelajaran dengan baik, sedangkan 41% yang lain tidak fokus dalam mengikuti pelajaran, baik bermain handphone ataupun berbicara dengan temang yang lain. Hasil wawancara juga menunjukkan masalah yang sama antara siswa dan guru.

Pada saat dilakukan wawancara dengan guru maupun peserta didik, didapatkan keterangan bahwa memang diperlukan adanya penggunaan media pembelajaran dalam kelas, dari guru menyampaikan bahwa media pembelajaran yang interaktif sangat diperlukan dalam pembelajaran, apalagi pada saat sekarang ini dimana teknologi berkembang pesat. Akan tetapi, dari guru yang sudah berkeluarga akan sangat sulit untuk mempersiapkan media pembelajaran. Dari peserta didik sendiri menyampaikan bahwa dengan adanya media pembelajaran, diharapkan dapat memacu semangat belajar siswa serta memberikan kesan pembelajaran yang dinamis, peneliti juga mendapatkan keterangan bahwa 5 dari 6 siswa yang diwawancarai mengalami kesulitan dalam materi Benda Tegar, siswa sulit membuat ilustrasi untuk soal-soal benda tegar, untuk membuat suasana belajar yang nyaman, akan sangat menyenangkan apabila pelajaran dapat dilakukan secara online dan web agar pengetahuan ditangkap siswa lebih mudah.

Pembelajaran dengan menggunakan internet berpotensi terciptanya pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan (Yajid, 2013 :106), ditambah dengan fasilitas wifi dan smartphone yang dapat koneksi dengan internet disetiap waktu, Melalui kemajuan dibidang teknologi informasi, proses pembelajaran dimungkinkan terjadi dengan menyediakan sarana pembelajaran on-line melalui internet dan media elektronik (Singgih, 2014: 152). Salah satu social network yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran adalah Edmodo. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses www.edmodo.com(Yajid, 2013 : 107), selain dapat dijalankan di PC (personal computer) Edmodo juga dapat dijalankan melalui smartphone dengan sistem IOS/Apple, Windows Phone maupun Android. Dengan integrasi model pembelajaran yang sesuai, Konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan E-learning. Istilah E-learning dapat diartikan sebagai jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lain, namun untuk menunjang media pembelajaran agar media pembelajaran dapat berfungsi secara tepat, masih dibutuhkan lagi suatu model pembelajaran yang sesuai.

Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan dalam era teknologi saat ini adalah TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge), TPACK is an emergent form of knowledge that goes beyond all three “core” components (content, pedagogy, and technology) (Kohlerr and Mishra, 2009 : 66), Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pengetahuan teknologi, pedagogi, dan isi. Peneliti pertama yang mencetuskan gagasan tentang PCK adalah Lee Shulman pada tahun 1986 (Endang P, 2015: 11), Konsep TPACK dikembangkan oleh Punya Mishra dan Matthew J. Koehler oleh karena adanya perkembangan teknologi yang pesat di masyarakat, TPACK akan membingkai antara ilmu yang diajarkan dengan cara pembelajarannya dengan teknologi.

Berdasarkan paparan diatas, maka peneliti akan melakukan penelitian untuk mengembangkan suatu multimedia pembelajaran dengan penerapan model TPACK dan berbantuan aplikasi Edmodo, sehingga penelitian ini diberi judul “PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) BERBANTUAN EDMODO MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR UNTUK SMA KELAS XI SMAN 4 MALANG”.

 

  1. B. TUJUAN PENELITIAN
    1. Mengembangkan media pembelajaran E-Learning Fisika Berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Berbantuan Edmodo Materi Kesetimbangan Benda Tegar Untuk SMA Kelas XI SMAN 4 Malang
    2. Mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran E-Learning Fisika Berbasis TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) Berbantuan Edmodo Materi Kesetimbangan Benda Tegar Untuk SMA Kelas XI SMAN 4 Malang

 

  1. C. METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) yang diambil dari (Sugiyono, 2013: 409) dengan urutan sebagai berikut, 1) Potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba Produk, 7) Revisi roduk, 8) Ujicoba  pemakaian, 10) Revisi produk, 11) Produksi masal (Sugiyono, 2013 : 298). Akan tetapi penelitian ini hanya akan dilaksanakan sampai tahap uji coba pemakaian saja, Adapun skema penelitian yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

 
   

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu: CoRe (Content Representation), Mind Mapping materi, Angket validasi produk untuk ahli (Dosen dan Guru) serta RPP dan angket validasi siswa untuk pelaksanaan uji coba terbatas media, skala penilaian angket yaitu 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = tidak baik, dan 1 = sangat tidak baik.

Rumus mengolah data per item

Untuk teknik analisis data, digunakan 2 rumus pengolahan data, yaitu :

       
     
   

 

 

 

Untuk kriteria interpretasi hasil yang dicapai yaitu dengan mengacu table berikut :

Presentase

Kriteria Penilaian

Keterangan

80 – 90%

Valid

Dapat dipakai dalam pembelajaran tanpa revisi

60 – 70%

Cukup Valid

Dapat dipakai dalam pembelajaran dengan sedikit revisi

50 – 59%

Kurang Valid

Dapat dipakai dalam pembelajaran tetapi memerlukan banyak revisi

 

Tidak Valid

Diganti atau revisi total

(Sukmadinata, 2002:32)

Apabila hasil validitas media yang diperoleh >80%, maka hasil media pembelajaran dari penelitian layak diaplikasikan secara luas.

 

  1. D. DAFTAR RUJUKAN

Endang Purwaningsih. 2015. Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge

(PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa

SMP. Indonesian Journal of Applied Physics. 5(1): 9-15

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content

knowledge?. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1):60-70

Nanang Khoirudin, Daru Wahyuningsih, Dwi Teguh R. 2013. Pengembangan Media

Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 Untuk Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 1-10

Singgih Prasetiyono, Meini Sondang. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning

Berbasis Edmodo Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber Dan Frekuensi Radio Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 03(02):151 – 156

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:

CV Alfabeta

Sukmadinata, Nana. 2002. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Yajid Latif, Darmawijoyo, Ratu Ilma Indra Putri. 2013. Pengembangan Bahan Ajar

Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk siswa MTs. JURNAL KREANO. 4(2): 105-114

Yulianti D, Khanafiah S, Sugiyanto. 2012. Penerapan Virtual Experiment Berbasis

Inkuiri Untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (8): 127-134

Endang Purwaningsih Dra. M.Si
Winarto Drs.
IMG_1988_5742c91005983.jpg IMG_1988.jpg

3. Daftar Ujian

LembarPersetujuanSkripsi_5742cc7188294.jpg LembarPersetujuanSkripsi.jpg
04/15/2016
8
LogBook_5742cc71884c3.pdf LogBook.pdf

4. Proses Ujian Skripsi

05/20/2016
Wartono M.Pd Dr.
AwwatRevisi_5745364d5a8f5.pdf AwwatRevisi.pdf
AwwatWartaPosterr_574408a772708.png AwwatWartaPosterr.png
LembarpengesahanSkripsi_574408a7729d7.jpg LembarpengesahanSkripsi.jpg

5. Nilai

A-
--------

MK. Seminar

KRSsemester7_5742db5160d86.jpg KRSsemester7.jpg
Gasal
2015/2016
LembarPersetujuanSeminar.jpg

PENGEMBANGAN MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE) BERBANTUAN EDMODO SEBAGAI PELUANG PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book