You are here: Home Blog Fisika Stellarium Software Astronomi

Fisika UM

Stellarium Software Astronomi

Stellarium Freeware Planetarium

StellariumSoftware  ini bersifat gratis, jadi saat anda mendownloadnya tidak akan dikenakan biaya. anda bebas menggunakannya secara benar, dimana saja, akan lebih baik anda baca terlebih dahulu persetujuan (TOS) saat anda meng-instal program ini di komputer anda.

Berkat Stellarium, kita tidak perlu repot lagi untuk menikmati pesona angkasa. Mengamati susunan planet, bintang, dan objek-objek langit bisa cukup dengan sentuhan jari. Stellarium mampu berperan layaknya planetarium di komputer kita. Fungsinya, memproyeksikan peta angkasa sesuai keadaan sebenarnya dalam perspektif 3D. Tentu disertai penyusutan skala. Hasil yang ditampilkan serupa dengan pengamatan lewat bantuan teropong atau teleskop. Di dalamnya, Stellarium memuat lebih dari 600 ribu bintang. Dari yang berukuran raksasa, seperti Canis Majoris dan VV Cephei, sampai yang “mungil”, misalnya Proxima Centauri. Walau memiliki ratusan ribu koleksi, Stellarium cuma membutuhkan ruang hard disk sebesar 60-an MB.

Stellarium tampil dalam format layar penuh. Kita akan dibawa berdiri di tengah lapangan dan dinaungi langit malam nan cerah berhias kerlip bebintangan. Kita tinggal menggeser tetikus untuk melihat pemandangan 360° ke segala arah atau memainkan tombol gulung (scroll) untuk melakukan zoom in/out. Feature yang dimiliki Stellarium rasanya sangat menarik. Apalagi, bagi kami yang termasuk awam di bidang astronomi. Beberapa yang menarik di antaranya informasi rinci setiap objek langit, ilustrasi rasi bintang, dan pilihan lanskap.Tersedia juga opsi untuk mengubah waktu dan lokasi penerawangan tertentu, meliputi kota-kota di seluruh dunia.  (Erry FP)

Stellarium memiliki feature menarik, informasi detail, serta pemandangan realistis dan memanjakan mata. Software ini cocok untuk semua usia dan kalangan sebagai alat observasi langit sambil belajar ilmu astronomi. Asyiknya, semua bisa dinikmati gratis. Soalnya, aplikasi ini bersifat open source dan berlisensi GPL.

Link Download :

  1. Download Stellarium untuk OS Windows
  2. Download Stellarium untuk OS Linux 
  3. Download Buku Panduan (PDF) Stellarium (Bahasa Inggris) 

Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book