You are here: Home Blog Fisika Alat Peraga Fisika Besar - Daur Ulang

Fisika UM

Alat Peraga Fisika Besar - Daur Ulang

Memang pantas jika disebut sebagai profesornya Fisika, soalnya Beliau ini (Drs. Winarto) .Tak mau diam jika memiliki waktu luang, ada saja yang dilakukan beliau, termasuk dengan yang satu ini.


WinartoDalam pembelajaran fisika,terutama untuk yang berkaitan dengan alat-alat ukur, pastilah akan sulit jika kita memberikan penjelasan tapi tidak dilengkapi dengan alatnya. Dari dasar inilah Beliau ingin membuat suatu alat yang bisa mewakili alat ukur seperti aslinya dan dengan harga yang murah, karena dibuat dengan bahan-bahan bekas, lihat saja foto yang ada, ada yang dari bahan bekas kardus komputer, tempat kok, pipa paralon, kaleng bekas cat, dll.

Keuntungan yang bisa diperoleh? 

Keuntungan 1

Pertama murah, karena alatnya tidak membutuhkan untuk membeli alat2 khusus, tidak memerlukan standart keahlian khusus untuk membuatnya, yang jelas harus mengetahui aturan dasar dari alat yang akan dibuatnya agar tidak terjadi kesalahan pemahaman konsep nanti saat ditampilakan kepada para murid atau audience lainnya.

Keuntungan 2

Kedua Kreatif, dengan membuat alat2 seperti ini akan menumbuhkan rasa kreatifitas yang terpendam dalam otak kita, yang nantinya (untuk mahasiswa calon guru) akan mempermudah pekerjaannya.

Keuntungan 3

Ketiga Praktis Tepat Sasaran, akan lebih mudah menjelaskan karena ukurannya yang notabene Besar. jika menggunakan alat yang kecil, murid yang ada di belakang kurang bisa melihat dengan jelas, harus maju satu persatu untuk mencobannya.(mungkin cocok untuk belajar fisika pada zaman nabi adam dahulu, karena ukuran orang-orang waktu itu juga besar).

Sebagai catatan, beberapa waktu yang lalu saat ada kunjungan ke Jurusan Fisika (workshop) dari SMA di kota Malang, alat ini sangat menarik perhatian dari para siswa. Banyak dari beberapa guru menanyakan bagaimana cara pembuatannya dan bagaimana dengan pembiayaan yang dikeluarkan. SO..ada yang mau pesan? atau mau belajar...silahkan kontak kami. di Laboratorium Jurusan Fisika 0341-55212. Meski alat ini besar, namun alat peraga ini sebisa mungkin dibuat dengan skala yang benar dan sesuai dengan ukuran aslinya.  

Foto dokumentasi alat peraga fisika dari bahan bekas - by Drs. Winarto

win-1

win-2

win-3

win-4


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book