You are here: Home Blog Fisika Tips dan Trik Animasi Swish Max

Fisika UM

Tips dan Trik Animasi Swish Max

TIP DAN TRIK PEMBUATAN ANIMASI FISIKA DENGAN PROGRAM APLIKASI SWiSHmax

abstrak_dosenAbstrak: Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini banyak bergantung pada peran komputer sebagai alat bantu dalam mengatasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan , baik yang menyangkut aspek manajemen maupun aspek operasional di dalam proses pembelajaran.

Keterbatasan fasilitas laboratorium menjadi kendala utama dalam pembelajaran sains, sehingga diperlukan inovasi dan terobosan baru dalam rancang bangun media pembelajaran tiruan berupa animasi berbantuan komputer.

Program aplikasi SWiSHmax memberikan solusi tepat dan cepat dalam upaya membuat animasi sains, khususnya fisika. Berbagai fasilitas dan teknik praktis dapat dioperasikan secara terpadu untuk membuat animasi yang dapat menggambarkan rangkaian peristiwa/proses alam secara detil sehingga mudah dicermati dan dipahami.

Sejumlah tip dan trik pembuatan animasi fisika dengan program aplikasi SWiSHmax meliputi: animasi gerak (lurus dan melingkar) dengan opsi khusus efek, pemanfaatan sistem layer dalam efek simulasi, sistem sprite dalam animasi kompleks, animasi gerak relatif dalam kasus relativitas, tampilan efek tiga dimensi (3D), dan perspektif kemiringan (skewness).

Kata kunci: SWiSHmax, animasi.

 icon Tip Dan Trik Pembuatan Animasi Fisika Dengan Program Aplikasi Swishmax (1.03 MB)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book