You are here: Home Blog Fisika Pertumbuhan Kemampuan Melakukan Penilaian Dari Mahasiswa Pendidikan Fisika Fmipa UM Peserta PPL

Fisika UM

Pertumbuhan Kemampuan Melakukan Penilaian Dari Mahasiswa Pendidikan Fisika Fmipa UM Peserta PPL

PERTUMBUHAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENILAIAN DARI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FMIPA UM PESERTA PPL BERBASIS LESSON STUDY

Ringkasan: Perubahan pembelajaran di tingkat kelas, sekolah maupun nasional memerlukan kejelasan arah menuju perbaikan kualitas. Kepastian arah menuju perbaikan kualitas pembelajaran digerakkan dan dikawal oleh kebijakan-kebijakan yang berbasis pada informasi-informasi yang komplit dan akurat mengenai pembelajaran, utamanya tentang perserta didik. Penilaian pembelajaran merupakan suatu proses yang menjamin tersedianya informasi-informasi yang akurat dan mencukupi untuk mendasari pengambilan kebijakan yang tepat. Kemampuan guru untuk melaksanakan penilaian merupakan kompetensi profesional yang sangat mendasar bagi terciptanya perbaikan pembelajaran yang lebih berkualitas.
Jangka waktu PPL yang sangat singkat tidak cukup bagi mahasiswa peserta PPL untuk mengaktualisasikan pengetahuan mereka. Lesson study (LS) merupakan salah satu alternatif bagi mahasiswa peserta PPL untuk mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman secara lebih efektif dan efisien. Melalui siklus-siklus LS yang terdiri dari 3 tahapan utama, yaitu plan, do dan see mahasiswa berlatih untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Salah satu kompetensi keguruan yang seharusnya mengalami banyak pertumbuhan dan perbaikan adalah kemampuan melaksanakan penilaian. Hal ini karena perbaikan pembelajaran yang terjadi seharusnya didasarkan pada infprmasi hasil penilaian, sehingga tahap plan, do dan see tidak lain ada ruh kegiatan penilaian. Penelitian ini dilakukan selama dua semester pendampingan PPL berbasis LS.

Kata kunci : pertumbuhan, PPL berbasis lesson study, kemampuan melakukan penilaian.
 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book