You are here: Home Blog Fisika Urgensi Pengukuran POST (Prosedur Operasional Standar Tindakan) dalam Penelitian Tindakan Kelas

Fisika UM

Urgensi Pengukuran POST (Prosedur Operasional Standar Tindakan) dalam Penelitian Tindakan Kelas

abstrak_dosenIntisari: Studi ini memfokus pada perlunya melakukan pengukuran standar prosedur operasional dalam penelitian tindakan kelas.

Ada kecenderungan bahwa pengukuran dalam penelitian tindakan kelas, hanya dilakukan terhadap dampak yang timbul akibat dari tindakan yang telah dilakukan.

Pengukuran terhadap standar prosedur operasional implementasi tindakan nyaris tidak pernah dilakukan. Keterlaksanaan standar prosedur operasional dalam penelitian tindakan kelas mutlak harus dilakukan, sebagai jaminan bahwa dampak yang timbul selama penelitian adalah akibat dari tindakan yang diberikan.

Pengukuran POST dilakukan dalam tiga tahap atau keadaan yaitu: pengukuran kelayaklaksanaan rencana POST, keterlaksanaan POST, dan peluang optimalisasi POST. Studi ini dilakukan terhadap proposal penelitian tindakan kelas mahasiswa peserta matakuliah Penelitian Pendidikan Fisika tahun ajaran 2006.

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book