You are here: Home Blog Fisika Simulasi Gerak Vertikal di Flash

Fisika UM

Simulasi Gerak Vertikal di Flash

Software yang dibuat dengan Flash ini mensimulasikan gerak vertikal dengan nilai awal kecepatan dan posisi yang dapat diubah-ubah oleh pengguna. Pengguna bisa memasukan berbagai nilai ketinggian dan kecepatan awal ke atas maupun ke bawah, atau tanpa kecepatan awal sama sekali (gerak jatuh bebas) 

From Aravir (am I Physicist?)

 






Pada simulasi ini, rumus yang dipakai adalah:

g=10
v=v+g*dt
h=y+v*dt

(metode tersebut dinamakan metode Euler)

Nilai awal yang dibutuhkan adalah v dan h. v adalah kecepatan awal benda; benda bisa dilempar ke atas (v positif) maupun ke bawah (v negatif) h adalah ketinggian benda dari titik acuan (tanah).

 

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buat document Flash baru
  2. Buat objek
  3. Convert objek menjadi movie(lihat Gambar 1 )
  4. Pada instance, beri nama “bola”(Lihat Gambar 2)
  5. Buat dua text input, pada instance masing-masing, beri nama kecepatan dan posisi (lihat gambar 3)
  6. Buat tombol, pada instance, beri nama tombol(lihat Gambar4)
  7. Klik frame pertama; pada jendela action ketikkan perintah berikut :

kecepatan.text = 0;
posisi.text = 200;

acuan = 300;

t = 0;

dt = 0.01;

g = -10;

v = Number(kecepatan.text);

h = Number(posisi.text);

jalan = false;

bola._y = acuan-h;

_root.onEnterFrame = function() {

if (jalan == false) {

h = Number(posisi.text);

bola._y = acuan-h;

v = Number(kecepatan.text);

}

if (jalan == true) {

v = v+g*dt;

h = h+v*dt;

kecepatan.text = v;

posisi.text = h;

bola._y = acuan-h;

t+=dt;

waktu.text=t;

if (h<=0) {

jalan = false;

}

}
}

tombol.onRelease = function() {

jalan = not (jalan);

};
Terakhir, (8) Untuk menjalankan program, tekan ctrl-enter (lihat Gambar 5)

Simulasi dapat langsung dijalankan dengan menekan tombol atau sebelum dijalankan, mengubah nilai-nilai awal. Kecepatan awal bisa diberikan, positif untuk kecepatan awal ke atas dan negatif untuk ke bawah). Posisi juga bisa diubah. Saat simulasi berjalan, posisi dan kecepatan tidak dapat kita ubah. Simulasi berhenti saat benda mencapai tanah (h=0) atau dapat kita hentikan dengan enekan tombol. Saat simulasi berhenti, kita dapat mengubah nilai posisi dan kecepatan kembali.


Gambar-gambar

Gambar. 1
From Aravir (am I Physicist?)
Gambar. 2
From Aravir (am I Physicist?)
Gambar. 3
From Aravir (am I Physicist?)
Gambar.4
From Aravir (am I Physicist?)
Gambar. 5
From Aravir (am I Physicist?)

Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book