You are here: Home Berita Fisika UM Riset studi rembesan pada lereng hilir bendungan Selorejo

Fisika UM

Riset studi rembesan pada lereng hilir bendungan Selorejo

E-mail Print PDF

18-19 Februari 2017 Tim Riset Geofisika Program Studi Fisika FMIPA UM, yang melibatkan 10 mahasiswa dan 5 supervisor (Abdulloh Fuad, M.Si, Daeng Achmad Suaidi, M.T, Nandang Mufti, Ph.D, Yoyok Adisetyo Laksono, M.Si, dan Dr. Siti Zulaikah), melakukan riset studi rembesan pada lereng hilir bendungan Selorejo, Jawa Timur. Studi ini bertujuan untuk melacak rembesan air pada lereng hilir bendungan dengan menggunakan Geoelectrical Resistivity Instruments dan Georadar.

Tim Riset Geofisika Program Studi Fisika FMIPA UM

"Studi ini bekerjasana dengan PJT1 sebagai pengelola Bendungan Selorejo dan dimaksudkan untuk memastikan rembesan air yang selama ini terjadi pada Lereng Hilir bendungan apakah berasal dari air bendungan atau air hujan", ujar Daeng Achmad Suaidi, M.T.

"Karena riset ini sesuai dengan payung penelitian di KBK Fisika Material dan Geofisika Program Studi Fisika UM, maka minimum akan ada dua luaran penting yang dihasilkan. Pertama, hasil penelitian yang dapat dituangkan ke dalam skripsi mahasiswa dan publikasi ilmiah. Kedua, kerja sama dan hubungan baik antara Program Studi Fisika UM dengan stakeholder, dalam hal ini PT. Jasa Tirta", lanjut Dr. Siti Zulaikah.

Dengan demikian,  mahasiswa dapat secara langsung berkesempatan mengimplementasikan ilmu fisika yang mereka peroleh di bangku kuliah.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book