You are here: Home Berita Fisika UM Karya ilmiah Dosen UM Tembus Jurnal Internasional Bergengsi Physical Review B

Fisika UM

Karya ilmiah Dosen UM Tembus Jurnal Internasional Bergengsi Physical Review B

E-mail Print PDF

Dua prestasi bergengsi dipersembahkan oleh dosen favorite mahasiswi bulan juni ini (Nandang Mufti, M.T., Ph.D) dosen Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM).  Pertama salah satu naskahnya diterima di jurnal Physical Review B (PRB).  PRB  merupakan salah satu jurnal bergengsi di bidang fisika dan jarang sekali ada yang bisa menembus karena mempunyai impact factoryang tinggi 3,73 dan termasuk salah satu jurnal dengan katagori Q1. Beliau menulis jurnal yang berkaitan dengan ilmu dasar, khususnya tentang struktur magnetik bahan YbCo2Si2, dimana bahan ini dijadikan sebagai model untuk mengerti Phenomena Quantum Criticality. Nandang Mufti, M.T., Ph.D. sebagai peneliti utama pada publikasi ini melibatkan beberapa peneliti dari berbagai negara yaitu Jerman, Jepang, Perancis dan Inggris.

Pada publikasi ini telah berhasil di kaji struktur magnetik bahan YbCo2Si2 dari hasil pengukuran Neutron di tiga negara yaitu The Institut Laue-Langevin (ILL) Grenoble Perancis, Rutherford Appleton Laboratory (RAL) Oxford, UK, dan The Berlin Neutron Scattering Center (BENSC) Berlin, Jerman. Pengukuran di lakukan pada suhu yg sangat rendah yaitu 0,2 K, 1,1K dan 2 K karena suhu transisi magnetiknya berada pada suhu 1, 7 K dan 0,9 K.

"Manuskrip ini baru selesai Februari 2015, kemudian di submit ke PRB awal Maret 2015, setelah megalami berapa kali revisi dari reviewer, akhirnya baru diterima akhir Juni 2016, jadi hampir 1 tahun tiga bulanan prosesnya hingga lolos," ujarnya.

Pria kelahiran 15 Agustus 1972 ini, hingga sekarang telah memiliki publikasi internasional sekitar 32 jurnal. 26 diataranya terindex scopus. Artikel terbaru ini merupakan artikel kelima yang dipublikasi di PRB, dengan 3 artikel diantaranya sebagai penulis utama dan dua artikel sebagai co-author.

Kedua; Bapak yang meraih The Learning University Award tahun 2014 ini, juga menjadi salah satu  pembicara pada acara seminar internasional : International Conference on Mathematics and Natural Siences (ICMNS) 2016 di  ITB pada bulan November mendatang. Kegiatan bergengsi ini juga akan menghadirkan pembicara Prof. Gerard't Hooft dari University of Utrecht yang merupakan peraih "The 1999 Nobel Laureate for Physics" dan juga Prof. Thomas. T.M. Palstra yang juga merupakan mantan promotor Nandang Mufti, M.T., Ph.D.  sewaktu S3 di University of Groningen, Belanda.

 


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book