You are here: Home Berita Fisika UM Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Fisika UM

Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

E-mail Print PDF
Gerhana Matahari,fenomena yang ditunggu oleh para mahasiswa fisika sub astronomi
Kegiatan Mahasiswa Jurusan Fisika UM bulan Januari kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, jika sebelumnya mereka menggunakannya untuk liburan bersantai atau  pulang ke rumah, maka bertepatan dengan musim liburan  mereka akan melihat gerhana yang langka. Mahasiswa yang suka mengabadikan fenomena alam langka bersiap-siaplah.
Drs. Sutrisno MT, menggunakan software yang mentracking pergerakan tatasurya, skymap dan sejenisnya.

Gerhana_matahari_cincin_januari_2010
Gerhana Matahari cincin akan terjadi pada 26 Januari 2009. Pada 26 Januari 2009 ini gerhana Matahari cincin dapat terlihat di sebagian wilayah : Jakarta Barat, Lampung, Belitung dan sebagian wilayah Kalimantan.
Menurut Bapak Cecep (anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Departemen Agama (Depag) Cecep Nurwendaya). Gerhana Matahari cincin terjadi karena pada 26 Januari Matahari tertutup bulan yang sedang berada lebih jauh dari jarak rata-rata. Sehingga bagian dari Matahari yang tidak tertutup oleh Bulan membentuk cincin cahaya.

“Inilah yang disebut gerhana Matahari cincin,” imbuhnya. Bapak Cecep menuturkan, gerhana Matahari cincin akan terjadi pada sudut lima derajat sebelum Matahari tenggelam. Sehingga pada 26 Januari setelah Ashar langit sebagian Jakarta Barat dan daerah yang terkena gerhana matahari cincin akan tampak sedikit gelap. “Bagi yang ingin melaksanakan ibadah bisa melakukan salat gerhana"
Dari beberapa sumber di internet, jika anda tidak sempat melihat langsung gerhana ini dikarenakan sibuk atau tidak berada pada tempat yang tepat, maka anda bisa mencoba untuk mencari artikel/filmnya di media penyimpan video seperti youtube dengan kata kunci gerhana matahari 26 Januari 2009.

Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book