You are here: Home Berita Fisika UM Jurusan Fisika UM: Mahasiswa PPL Perlu Evaluasi

Fisika UM

Jurusan Fisika UM: Mahasiswa PPL Perlu Evaluasi

E-mail Print PDF

Pembekalan kepada mahasiswa peserta PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) telah dilakukan semaksimal mungkin dengan berbagai macam kegiatan baik akademik maupun akademik. Jurusan Pendidikan Fisika membekali mahasiswa peserta PPL meliputi materi-materi fisika dan juga bagaimana metode membelajarkan siswa. Materi Fisika ditempuh oleh mahasiswa mulai semester awal hingga semester tujuh (7).

Kuliah yang dijalani selama tujuh semester diharapkan mahasiswa menguasai konsep-konsep Fisika sebagai dasar mengembangkan bahan ajar di sekolah; mahasiswa menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, metodologi Fisika, dan metode pembelajaran Fisika sebagai dasar mengembangkan proses belajar-mengajar Fisika yang efektif dan efisien; mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran Fisika sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fisika di Indonesia; dan mahasiswa memiliki akhlak sebagai insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak seorang ilmuwan dalam hal mencari kebenaran ilmiah (terbuka dan jujur), memiliki rasa ingin tahu, dan memiliki akhlak sebagai warga negara yang bertanggungjawab terhadap bangsa dan negaranya dalam hal pengamalan ilmunya.

Untuk mengaplikasikan konsep-konsep pembelajaran, maka mahasiswa sebelum lulus diwajibkan untuk menempuh matakuliah PPL. PPL yang dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman lapangan tentang kegiatan belajar mengajar di kelas, dilakukan bekerja sama dengan pihak sekolah di sekitar Kota Malang. Ketika di sekolah, mahasiswa melakukan praktek kegiatan belajar mengajar di kelas, memberi layanan dan bimbingan kepada siswa, mengetahui administrasi sekolah, dan/atau tugas-tugas kependidikan terkait kepada mahasiswa untuk menjadi tenaga yang profesional.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa peserta PPL dalam rangka menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang berkualitas dan menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang kependidikan fisika beserta terapannya. Disamping itu dilakukan untuk menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi mahasiswa.

Untuk mendukung kegiatan PPL tersebut, maka dilakukan evaluasi standart pada mahasiswa sebagai upaya untuk mengetahui peta pemahaman konsep fisika. Hal dilakukan dengan mengadakan tes materi fisika pada mahasiswa peserta PPL. Tes materi kedua dilakukan hari ini Rabu, 16 Januari 2012 di ruang 218-219 Gedung Jurusan Fisika FMIPA UM. 

jit


Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book