You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Implementasi Strategi Konflik Kognitif dengan Eksperimen untuk Memperbaiki Miskonsepsi Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang

Fisika UM

Implementasi Strategi Konflik Kognitif dengan Eksperimen untuk Memperbaiki Miskonsepsi Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang

Pratiwi, Hestiningtyas Yuli. 2011. Implementasi Strategi Konflik Kognitif dengan Eksperimen untuk Memperbaiki Miskonsepsi Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd

Kata kunci : Strategi konflik kognitif, eksperimen, miskonsepsi

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 9 Malang, diketahui bahwa pemahaman konsep materi fisika  masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran, metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi konflik kognitif serta pengaruhnya terhadap perbaikan miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan  bisa saja bersifat kuantitatif. Uraian dalam laporan bersifat deskribtif dalam bentuk uraian kata-kata. Tindakan yang diberikan adalah strategi konflik kognitif dengan menggunakan eksperimen. Subyek penelitian ini adalah kelas X8 yang terdiri dari 13 siswa putra dan 24 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi,  tes, kuesioner, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor terlaksana dengan baik, dengan persentase keterlaksanaan semakin meningkat selama siklus I dan siklus II dan miskonsepsi juga dapat diperbaiki dilihat dari nilai tes akhir siklus semakin meningkat selama siklus I dan siklus II.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book