You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri dengan Model Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Pemahaman Konsep IPA Siswa di Kelas VII-C SMPN 4 Malang.

Fisika UM

Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri dengan Model Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Pemahaman Konsep IPA Siswa di Kelas VII-C SMPN 4 Malang.

Winarto , Gunawan Hadi. 2011. Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri dengan Model Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Pemahaman Konsep IPA Siswa di Kelas VII-C SMPN 4 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (2) Drs. Agus Suyudi, M.Pd.

Kata Kunci: pembelajaran aktif berbasis inkuiri, model pencapaian konsep, kemampuan bertanya, pemahaman konsep IPA.

Kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII-C SMPN 4 Malang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Peneliti berkolaborasi dengan guru menerapkan pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA siswa di kelas VII-C SMPN 4 Malang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Mc Taggart dengan tahapan; indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus di kelas VII-C SMPN 4 Malang yang terdiri dari 37 siswa pada semester II dengan materi kalor. Pemahaman konsep IPA, diukur dari jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM sedangkan kemampuan bertanya diukur berdasarkan jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan dan skor pertanyaan. Skor pertanyaan yang dimaksud adalah aspek kualitas, relevansi, dan bahasa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA meningkat.  Persentase jumlah siswa yang bertanya pada observasi awal sebesar 12,5% meningkat menjadi 26,39% pada siklus I, tetapi pada siklus II persentasenya sama dengan yang dicapai pada siklus I. Skor pertanyaan siswa pada siklus I 68,80% menjadi 70,09% pada siklus II. Pemahaman konsep IPA siswa juga mengalami peningkatan 83,33% pada observasi awal, menjadi 86,11% pada siklus I, dan 94,44% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VII-C SMPN 4 Malang.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book