You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Tps) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri 6 Malang.

Fisika UM

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Tps) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri 6 Malang.

Putri, Atdjeng S. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Tps) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd  (II) Drs. Sirwadji

Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis praktikum, aktitifitas belajar, prestasi belajar.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI IPA  3 SMAN 6 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode konvensional dan diskusi kelas. Nilai awal sebelum diberi tindakan yang tuntas hanya sebesar 57,5 %. Rata-rata 66,5 dengan nilai tertinggi 70 dan terendah 40. Standar kelulusan minimal 70. Metode praktikum dan diskusi kelompok kecil jarang diterapkan. Metode yang diterapkan belum bisa melibatkan siswa aktif sepenuhnya, sehingga keaktifan siswa yang meliputi aspek afektif dan psikomotorik, dan prestasi belajar fisika siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas  siswa dan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis praktikum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis praktikum.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model TPS berbasis Praktikum. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Malang kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 40 siswa, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan, rubrik keaktifan siswa untuk keaktifan, sedangkan prestasi belajar diperoleh dari tes hasil belajar di akhir siklus

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis praktikum dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 6 Malang. Keaktifan siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 21,35%. Prestasi belajar fisika siswa secara klasikal yaitu 80% (siklus I) menjadi 100% (siklus II). Peningkatan juga terlihat pada rata-rata Nilai Tes Belajar Individu (NTBi) siswa yaitu 71,5 (siklus I) menjadi 79 (siklus II).


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book