You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMKN 4 Malang.

Fisika UM

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMKN 4 Malang.

Ika F, Arinda Yussanti. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd, (II) Drs. Sirwadji.

Kata kunci: multiple intelligences, prestasi belajar.

Mengingat pentingnya prestasi belajar fisika siswa sebagai dasar kenaikan kelas siswa, maka prestasi belajar fisika siswa harus benar-benar baik. Untuk dapat mencapai prestasi belajar fisika secara mantap dan tinggi dalam proses pembelajaran, salah satunya dapat digunakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Pembelajaran ini dapat mengembangkan kecerdasan siswa dan menggali potensi yang ada pada dirinya serta mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam bentuk interaksi baik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences lebih baik dari prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konven-sional pada kelas X SMKN 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 4 Malang tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 28 kelas, kemudian sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling, kelas yang terpilih yaitu kelas X PS F sebagai kelas eksperimen dan X PD D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dari hasil prestasi siswa (nilai post-test) yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata prestasi belajar (post-test) siswa pada kelas eksperimen sebesar 74,08 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,84. Berdasarkan rata-rata prestasi di atas disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika dengan menggunakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Saran yang dapat disampaikan bagi guru fisika, disarankan dapat menerapkan sekaligus dapat mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan lebih baik, sehingga siswa mampu mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya dan menggali potensi yang ada pada dirinya serta mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitasnya yang mengarah pada pencapaian prestasi belajar yang lebih baik.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book