You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Asesmen Portofolio pada Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika.

Fisika UM

Asesmen Portofolio pada Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika.

Priandita, Antiriesna. 2011. Asesmen Portofolio pada Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (2) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd.

Kata kunci: asesmen portofolio, kemampuan melaksanakan pembelajaran.

Asesmen portofolio pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika (SPF) tahun ajaran 2009/2010 belum mencapai kesempurnaan karena tugas-tugas yang dikumpulkan oleh mahasiswa masih berupa lembaran-lembaran kertas yang dijadikan satu dalam stofmap. Hal ini menyebabkan tugas-tugas tidak terorganisasi secara teratur. Selain itu asesmen portofolio pada mata kuliah SPF sebelumnya tidak ada refleksi dan evaluasi, sehingga mahasiswa tidak dapat melakukan refleksi dan evaluasi secara tertulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemajuan belajar merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kemampuan mengimplementasikan RPP dengan asesmen portofolio, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap asesmen portofolio.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan asesmen portofolio pada pembelajaran aktif  mata kuliah SPF . Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika 2008  kelas AA/CC. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2011, terdiri dari tiga tahap. Tahap 1, mahasiswa mendapatkan materi teori belajar dan mengumpulkan tugas portofolio analisis teori belajar. Tahap 2, mahasiswa mendapatkan materi model pembelajaran dan mengumpulkan tugas portofolio analisis model pembelajaran dan rancangan RPP. Pada tahap implementasi, mahasiswa melaksanakan peer teaching. Kemajuan belajar diamati melalui ketuntasan mengerjakan tugas portofolio, tes tertulis, merancang RPP, dan menyusun portofolio. Kemampuan implementasi RPP diamati melalui peer teaching. Respon mahasiswa terhadap portofolio diketahui melalui wawancara. Data dianalisis dengan menghitung nilai tugas portofolio, nilai tes tertulis, serta mengolah hasil wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% mahasiswa mampu merancang RPP dan mengimplementasikan RPP setelah melakukan revisi pada tugas portofolio. Hal ini mengindikasikan asesmen portofolio mampu mendeskripsikan kemajuan belajar merancang RPP dan kemampuan mengimplementasikan RPP. Respon mahasiswa terhadap asesmen portofolio juga sangat antusias untuk pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik ke depannya.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book