You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Pembuatan Website Elektromagnetisme Berbasis Mind map dan jQuery.

Fisika UM

Pembuatan Website Elektromagnetisme Berbasis Mind map dan jQuery.

Lucky Farida, Ade. 2011. Pembuatan Website Elektromagnetisme Berbasis Mind map dan jQuery. Skripsi, Program Studi Fisika, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Johanis A. Rampisela, M.S., (II) Dra. Endang Purwaningsih, M. Si.

.Kata Kunci: Mind map, jQuery, Website, Elektromagnetisme

Mind map adalah suatu metode untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar otak. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris. Mind map saat ini sudah dikenal luas di berbagai bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM).  Penerapannya mencakup manajemen organisasi, penulisan, pembelajaran, pengembangan diri.

jQuery yang merupakan kompilasi javascript dapat digunakan untuk membuat website dengan konsep tersebut. jQuery menyediakan fasilitas untuk membuat animasi sekelas Flash dengan mudah dan didukung ketersediaan plugin untuk pembuatan website berbasis mind map. Materi yang dipilih dalam website ini adalah elektromagnetisme.

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, PHP, CSS, dan javascript. HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. PHP digunakan untuk menyisipkan skrip dari PHP lain dan untuk mengakses database. Cascading Style Sheet (CSS) digunakan untuk mengatur tata letak elemen karena website ini tidak menggunakan Content Management System (CMS). Javascript seperti jsDraw2D digunakan untuk  menampilkan cabang mind map yang berupa garis dan kurva.

Berbagai efek warna dan efek muncul secara berlahan pada tombol serta garis penghubung membuat website ini menjadi atraktif.  Komunikasi melalui komentar menjalin hubungan antara pengelola dan pengujung secara interaktif. Headline menampilkan tokoh fisika dan kata bijak yang secara acak dapat berganti secara dinamis. Aneka ragam efek tersebut dapat membantu proses penyerapan materi fisika berbasis mind map yang ditampilkan website ini. Website atraktif, interaktif dan dinamis yang dihasilkan jQuery tersebut ditampilkan di http://fisikaasik.co.cc.

 


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book