You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Pengembangan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (CAI) Tema Air Limbah Rumah Tangga untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII.

Fisika UM

Pengembangan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (CAI) Tema Air Limbah Rumah Tangga untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII.

Masruroh, Lailatul. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (CAI) Tema Air Limbah Rumah Tangga untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (2) Drs. H. Winarto.

 

Kata kunci: CAI, IPA terpadu, media belajar, tema air limbah rumah tangga.

 

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA untuk SMP/ MTs merupakan IPA terpadu. Bahan ajar memiliki peran yang penting dalam pembelajaran terpadu. Pengembangan bahan ajar IPA Terpadu harus disesuaikan dengan perkembangan IPTEK. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (CAI) IPA Terpadu Tema Air Limbah Rumah Tangga sebagai Media Belajar Siswa SMP/MTs Kelas VII.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg dan Gall, yaitu (1) studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka, survei lapangan, dan rencana pengembangan, (2) pengembangan draft produk yang terdiri dari draft produk, uji kelayakan, revisi draft produk, dan produk hasil pengembangan. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji kelayakan oleh ahli media (dosen Fisika dan Biologi) dan ahli materi (dosen Biologi dan guru IPA SMP). Desain uji coba dalam pengembangan bahan ajar CAI ini adalah uji coba terbatas pada siswa SMP Lab UM. Jenis data ada dua yaitu data kuantitatif dan data kualitatif untuk perbaikan bahan ajar CAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis skor rata-rata.

Hasil analisis rata-rata evaluator ahli media menunjukkan nilai tingkat kelayakan sebesar 3,43 (layak), ahli materi sebesar 3,60 (layak), dan audiens sebesar 3,32 (layak). Secara keseluruhan diperoleh rata-rata total sebesar 3,45 yang berada pada kategori layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari ahli media dan ahli materi, terdapat beberapa bagian produk yang perlu direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan manfaat bahan ajar CAI sebagai media belajar di sekolah maupun mandiri. Berdasarkan perolehan uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar CAI (Computer Assisted Instruction) IPA Terpadu Tema Air Limbah Rumah Tangga untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII ini layak untuk digunakan sebagai media belajar siswa.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book