You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Media Pembelajaraan Fisika Melalui Kelompok Kolaborati Model Think-Pair-Share Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM.

Fisika UM

Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Media Pembelajaraan Fisika Melalui Kelompok Kolaborati Model Think-Pair-Share Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM.

Suyitno, Dwi Windi Ari. 2011. Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Media Pembelajaraan Fisika Melalui Kelompok Kolaborati Model Think-Pair-Share Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutarman; (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si.

Kata Kunci: kolaboratif, Think-Pair-Share, kualitas produk media

Rerata nilai produk media pembelajaran fisika berupa Galvanometer yang dibuat mahasiswa kelas AA offering CC di Jurusan Fisika masih mencapai 65,71. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada ranah psikomotor masih rendah. Penyebab dari permasalahan rendahnya kemam­puan mahasiswa membuat produk  media adalah kurangnya memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk berkreasi mengembangkan suatu desain media karena kerja kelompok yang selama ini dilakukan belum memperhatikan tanggung jawab individu. Berdasar­kan masalah rendahnya hasil belajar ranah psikomotor maka perlu dilakukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas produk media melalui kelompok kolaboratif dengan model Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk media pembelajaran fisika dengan menerapkan kelompok kolaboratif model Think Pair Share mahasiswa Jurusan Fisika kelas AA offering CC.

Penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan dosen pengampu mata­kuliah Pengembangan Media Pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika kelas AA offering CC dengan jumlah 36 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa laki-laki dan 21 mahasiswa perempuan. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian kualitas produk media pembelajaran fisika

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan kelompok kolaboratif model Think Pair Share, kualitas produk media pembelajaran fisika yang dibuat mahasiswa meningkat. Skor peningkatan pada siklus I sebesar 70,20 menjadi 85,20 pada siklus II.Rerata skor akhir produk media pembelajaran fisika mahasiswa adalah sebesar 85,20.


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book