You are here: Home Akademik Skripsi Skripsi Mahasiswa Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Cahaya.

Fisika UM

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Cahaya.

Chariri, Moh. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Cahaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Winarto

(2) Dra. Chusnana I.Y, M.Si

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, animasi, cahaya

Pengembangan metode-metode belajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan media elektronik dinilai sebagai cara yang lebih efektif dalam proses belajar. Pemanfaatan media tersebut dianggap lebih memudahkan siswa menyerap materi dan lebih menarik perhatian siswa untuk belajar secara aktif. Metode pembelajaran dengan media animasi bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengajar dan mempermudah siswa memahami materi. Dengan animasi flash, siswa akan memperoleh gambaran yang nyata tentang materi yang masih abstrak sehingga proses penerimaan siswa akan lebih bermakna. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran animasi menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi cahaya

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Media yang telah dikembangkan kemudian divalidasi ke ahli media dan ahli materi. Hasilnya digunakan untuk merevisi media agar menjadi lebih bagus. Kemudian melakukan uji terbatas pada 15 siswa Kelas VIIIB SMP Diponegoro Tumpang.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran animasi ini memiliki skor persentase rata-rata 81 % dengan kriteria layak dan tidak direvisi. Sedangkan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 87 % dengan kriteria layak. Namun demikian, tetap dilakukan perbaikan sesuai dengan saran dari validator. Sedangkan uji terbatas pada 15 siswa diperoleh persentase rata-rata 87 % dengan kriteria layak.

 


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book