You are here: Home Akademik Laboratorium Lab Sentral

Fisika UM

Seputar Lab Sentral

E-mail Print PDF

Visi Misi

VISI :

Menjadi laboratorium riset yang unggul dalam penelitian dan menjadi rujukan dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di tingkat nasional dan internasional.

MISI :

Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing produk dalam negeri unggulan melalui pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian pada masyarakat.

TUJUAN :

  1. Menyelenggarakan riset yang berkualitas dan inovatif yang mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang ilmu-ilmu dasar.
  2. Membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, profesional, akuntabel, dan memiliki kemampuan meneliti bidang ilmu-ilmu dasar.
  3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang ilmu-ilmu dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Memberikan layanan laboratorium yang unggul bagi peneliti baik dari dalam dan luar negeri, masyarakat dan industri.

Informasi

Laboratorium Sentral FMIPA Universitas Negeri Malang adalah laboratorium Riset Terpadu yang bekerja secara Multidisipliner khususnya bidang ilmu-ilmu dasar dan terapan. Laboratorium Sentral memiliki kemampuan riset dibidang Microscopy, Spectroscopy, Structural Analysis, Metalurgical Analysis, Bio-Material, Bio-Chemical, Advance Ceramics, Geophysics. Laboratorium Sentral FMIPA UM mendukung pencapaian Visi UM, yaitu menjadikan UM sebagai perguruan tinggi unggul yang peduli ter¬hadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Hal ini ditunjukkan dengan kecanggihan peralatan yang dimiliki dan berstandart Internasional.

Laboratorium Sentral FMIPA UM mendukung pencapaian Misi UM, khususnya misi nomor 1 dan 2, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan memperhatikan aspek pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat.
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, dan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium Sentral harus dikelola secara khusus oleh Tim yang diketuai oleh Kepala Laboratorium dan beranggotakan para peneliti Senior di Lingkungan FMIPA UM, serta bertanggungjawab kepada Dekan.

Laboratorium Sentral diharapkan dapat menggali dana dari Luar UM, agar mampu mengelola biaya operasional peralatan dan biaya perbaikan ringan, sehingga tidak sepenuhnya membebani anggaran rutin Fakultas dan Universitas. Mekanisme penggalian dana dari Luar Kampus harus mengikuti aturan yang berlaku di Universitas Negeri Malang. Laboratorium Sentral dapat menggali dana dari masyarakat melalui biaya jasa pengukuran atau pengujian sampel. Besarnya biaya jasa pengujian sampel harus memperhitungkan biaya-biaya bahan habis operasional alat (spare part, gas-gas yang diperlukan, konsumsi listrik, jasa teknisi, jasa analis dan biaya perawtan alat). Besarnya biaya jasa ditentukan oleh Tim Peneliti Senior denngan memperhatikan komponen-komponen biaya tersebut di atas. Laboratorium Sentral harus dapat menjalin kerjasama dengan Perusahaan, Lembaga Riset, Perusahaan Jasa Pengujian Sampel, Perguruan Tinggi, Pemerintah daerah, dan Pihak Luar Negeri. Kerjasama dengan pihak lain harus bersifat saling menguntungkan kedua pihak. Bentuk kerjasama dirumuskan oleh Tim Pengelola Laboratorium Sentral.

Fasilitas

PENGGUNA FASILITAS LABORATORIUM SENTRAL

1. Peneliti Laboratorium Sentral FMIPA Universitas Negeri Malang.
2. Peneliti/Dosen Universitas Negeri Malang.
3. Peneliti/Dosen Perguruan Tinggi lain.
4. Lembaga Riset di luar Universitas Negeri Malang.
5. Litbang Industri.
6. Mahasiswa S1/S2/S3 Universitas Negeri Malang.
7. Mahasiswa S1/S2/S3 dari Perguruan Tinggi Lain.
8. Peneliti dari Luar Negeri.

Spesifikasi

Laboratorium Sentral FMIPA UM menempati Gedung O4 Lantai 1 FMIPA Universitas Negeri Malang. Laboratorium Sentral memiliki Laboratorium, yaitu:

No Nama Peralatan Penanggung Jawab
1 Preparasi Sputtering, Ultrasonic Cleaner, Magnetic Stearer, Furnace. Teknisi
2 Microscopy Scanning Electron Microscopy (SEM) Drs. Abdulloh Fuad, M.Si
3 Instrumen Analitik Gas Cromatography Mass Spectroscopy (GCMS), Fourie Transform Infra Red (FTIR) dan Total Organic Carbon Dr. Suryani
4 Bio-Teknologi PCR, DNA Purifier, DNA Analyzer. Dra. Dwi Listyorini, M.Si.,D.Sc
5 Analisis Material DTA, STA, DSC, Tria Arc-Melting. Dr. Markus Diantoro, M.Si
6 Analisis Kristal XRD, High Score Plus, PDF2 Ahmad Taufiq, S.Pd.,M.Si
7 Geo-Fisika Ground Penetratting Radar dan Geo-Listrik Drs. Yoyok Adisetyo L.,M.Si
 

 

Peralatan

Laboratorium Sentral FMIPA UM baru saja didirikan, namun beberapa alat baru sudah banyak ada di laboratorium tersebut. Ada beberapa alat masih dalam masa penyediaan. Untuk saat ini, Beberapa alat yang tersidia di Laboratorium Sentral adalah sebagai berikut sebagai berikut:

    1. Scanning Electron Mycroscopy (SEM) Merk FEI, Type: Inspect-S50
      SEM (Scanning Electron Microscopy) adalah peralatan untuk menguji/melihat struktur permukaan sampel dengan perbesaran sampai dengan 1.000.000 x. Peralatan ini memiliki 2 modus operasional, Low Vacum (untuk sampel non-konduktif) dan High Vacum (untuk sampel konduktif). Alat ini dilengkapi EDAX yaitu alat yang dapat digunakan untuk menguji kandungan unsur pada bahan yang dilihat struktur permukaannya. Kandungan unsur yang dapat diuji mulai dari Berilium s/d Uranium. Sebaran unsur didalam bahan juga dapat dideteksi berupa Surface area, line dan mapping.
    2. X-Ray Diffraction (XRD) Merk Philip, Type: Expert Pro
      XRD (X-Ray Diffraction) alat ini digunakan untuk mendeteksi senyawa kristal didalam bahan. Peralatan ini dilengkapi dengan Sofware High Score Plus dan PDF2 dengan versi terbaru. Kemampuan software ini dapat menguji secara cepat dan akurat komposisi senyawa di dalam bahan yang duiji.
    3. Differential Thermal Analysis (DTA/STS/DSC) Merk Linseiss.
      Defferensial Thermal Analyzer adalah alat yang digunakan untuk menguji sifat thermodinamika sampel. Sifat Thermodinamika yang diuji adalah transisi fase, dekomposisi, dll.
    4. Forrie Transform Infra Red (FTIR) Merk Shimadzu.
      Tiap material terdiri dari bahan-bahan kimia baik senyawa, atom, maupun polimer.
      Tiap senyawa membawa sifat khas dari senyawa-senyawa yang menyusunnya.
      Sifat-sifat penyusun bahan adalah sifat fisika dan sifat kimia.
      Salah satu sifat kimia dibawa dari gugus fungsi dari senyawa penyusun bahan.
      Masing-masing gugus fungsi dari senyawa mempunyai energi tertentu untuk bergetar dengan beberapa modus.
      Mendeteksi energi yang diserap oleh tiap gugus fungsi untuk bergetar dalam berbagai modus.
      Dari jumlah energi yang diserap (frekuensi) dapat ditentukan senyawa apa yang terkadung dalam bahan.
      Beberapa aspek lain dari pengukuran dapat dijadikan bahan analisis material yang diuji.
    5. Total Organic Carbon Analyser (TOC) Merk Shimadzu.
      TOC adalah alat yang dapat digunakan untuk menguji kandunga carbon total didalam sampel.
    6. Gas Cromatography and Mass Spectroscopy (GCMS) Merk Shimadzu.
      Adalah alat yang digunakan untuk menganalisa senyawa didalam sampel. Salah satu metode pemisahan kimia yang paling utama adalah kromatografi. Senyawa-senyawa dalam yang ada dalam campuran dipisahkan di dalam kolom kromatografi. Adapun mekanisme pemisahan antara beberapa senyawa terjadi karena perbedaan harga kelarutan masing-masing dalam pelarut yang bergerak, dan perbedaan keterserapan masing-msaing senyawa kepada fasa diam. Dalam kromatografi gas (GC), fasa gerak adalah gas helium. Shimadzu menyediakan bermacam-macam fasa diam yang mengikuti sifat-sifat senyawa dalam sampel. Spektroskopi massa (MS) adalah metode untuk menganalisis senyawa murni yang sudah dipisahkan dari GC. Senyawa yang masuk ke „inlet“ MS akan dipecah-pecah dengan bombardir elektron sehingga menjadi ion-ion. Pola pemecahan molekul akan sangat bergantung pada kestabilan ikatan yang ada dalam suatu molekul. Dari pola-pola pecahan molekul ini, struktur molekul dapat diketahui.
    7. Arc Melting Furnace Merk RMF.
      Arc-Melting adalah alat yang digunakan untuk merekayasa material khususnya logam dengan metode melting. Alat ini dilengkapi dengan kristal puller. Kemampuan pemanasan dari alat ini sampai dengan 3000oC.
    8. Ellipsometer
      Ellipsometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan tipis materials dengan menggunakan prinsip hukum-hukum pemantulan dan pembiasan pada optika.
    9. Sputtering
      adalah alat untuk menumbuhkan lapisan tipis material. Material target diletakkan dibagian atas. Plasma dihasilkan dengan menggunakan gas Argon dan tegangan dc, sehingga disebut dc-sputtering. Material target yang tersedia Au-Pd dan material lainnya.
    10. XRF (X-Ray Fluoresence) Merk Philips
      Alat XRF ini digunakan untuk menguji kandungan unsur suatu bahan mulai dari Natrium-Uranium. Sampel dapat berbentuk Padat, serbuk dan cair.
    11. PCR/DNA Analyser PCR adalah alat untuk pengujian DNA sampel.
    12. Ultrasonic Cleaner.(Merk Labtech)
    13. Nanovoltmeter
      AC/DC Current Source dan LCZ meter (Merk Keithley)
    14. LCZ Meter
      Alat ini dapat digunakan untuk mengukur Induktansi, Capasitansi, Impedansi sebagai fungsi Tegangan.
    15. Ground Penetratting Radar (GPR)
      Alat ini bekerja atas dasar pancaran gelombang elektromagnetik diinjeksikan ke dalam bumi, setiap material yang menerima gelombang elektromagnetik ini akan memancarkan kembali gelombang elektromagnetik dan membawa informasi tentang sifat bahan. Kedalaman penetrasi alat GPR tergantung dari panjang gelombang yang dipancarkan. Alat ini dilengkapi dengan 2 jenis antena: untuk kedaman Max 1 meter dan 20 meter.
    16. Geolistrik
      Peralatan Geolistrik bekerja atas dasar injeksi Arus listrik dc dengan pola tertentu ke dalam bumi. Medan yang dihasilkan oleh injeksi arus dapat diterima berupa beda potensial listrik dengan pola yang sama. Beda potensial yang diterima oleh sensor, membawa informasi tentang konduktivitas listrik bahan di dalam bumi. Kedalaman penetrasi ke dalam bumi tergantung pada rentang elektroda yang diinjeksikan. Alat ini dilengkapi dengan rentang elektroda sepanjang 680 meter. Kedalaman yang dapat dijangkau oleh alat ini lebih dari 100 meter.

Gambar peralatan di Lab sentral

Unable to read/write the source directory (/var/www/fisika/images/stories/labsentral/), please verify the directory permissions (Go to: Fix permissions tutorial)

Hubungi Kami

 Alamat Laboratorium Sentral UM

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Jalan Semarang No. 5 , Gd. O4 , Malang
Telp. 0341-9001088 / 0341-551312 (psw 200) / 0341-57489


Related news items:

 

Add comment

Security code
Refresh


UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book