You are here: Home Akademik Karya Ilmiah Pengaruh Ukuran Butir Kristal Sebagai Parameter Ekstrinsik Terhadap Dielektriksitas Nano partikel Zn

Fisika UM

Pengaruh Ukuran Butir Kristal Sebagai Parameter Ekstrinsik Terhadap Dielektriksitas Nano partikel Zn

User Rating: / 3
PoorBest 

Penelitian dan aplikasi partikel dan film berukuran nano akhir-akhir ini semakin menjadi perhatian para ilmuwan. Penelitian dalam usaha pencarian dan pengembangan alat penyimpan energi yang lebih efisien juga semakin gencar dilakukan. Salah satu fokus riset saat ini adalah pengembangan media  penyimpan energi yang efisienyang dikenal dengan superkapasitor. Salah satu bahan superkapasitor yang menjadi perhatian para peneliti adalah kristal ZnCo2O4 berukuran nano dalam matriks karbon teraktivasi seperti CNF (Carbon Nano Foam) dan CNT (Carbon Nano Tubes). Partikel nano kristal ZnCo2O4 telah berhasil disintesis dalam bentuk serbuk dengan menggunakan metode sonokimia.

Metode sonokimia merupakan salah satu metode alternatif yang dapat dikembangkan dalam fabrikasi partikel nano ZnCo2O4 yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 20 kHz-100 kHz. Metode ini dapat dilakukan pada suhu rendah, waktu yang relatif cepat, serta dengan peralatan yang automatis dan sederhana. Tulisan ini melaporkan hasil sintesis senyawa nano kristalin ZnCo2O4 dengan menggunakan metode sonokimia, dan studi pengaruh ukuran kristal sebagai parameter ekstrinsik terhadap dielektrisitasnya. Bahan dasar yang digunakan adalah ZnCl2 (PA 99.9%), CoCl2 (PA 99.9%), C2H5OH (PA 99.9%), NH4OH (PA 99.9%). Sampel disintesis pada suhu rendah 30oC selama 90 menit dan dipanaskan dengan variasi lama aniling 0,5 jam sampai 3 jam suhu 500oC. Karakterisasi untuk mengetahui kandungan unsur diuji dengan XRF dan konstanta dielektrik dengan menggunakan Kapasitansi meter. Untuk mengetahui fasa kristal diuji dengan difraksi sinar-X yang dianalisis dengan program Rietica dan ukuran kristalnya diuji dengan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sampel terbentuk dalam ukuran nanometer berkisar antara 24 sampai dengan 53 nm. Dari analisis Rietveld menunjukkan bahwa volume kristal relatif tidak berubah secara signifikan dengan semakin besarnya lama aniling. Sedangkan uji dielektrisitas menunjukkan bahwa partikel nano ZnCo2O4 semakin lama temperatur yang diberikan pada partikel nano ZnCo2O4 maka semakin tinggi nilai konstanta dielektrik dan menaikkan ukuran butir.

 


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book