You are here: Home Akademik Karya Ilmiah Efektivitas pelaksanaan lesson study melalui optimalisasi peran pendamping

Fisika UM

Efektivitas pelaksanaan lesson study melalui optimalisasi peran pendamping

User Rating: / 0
PoorBest 

Praktik pembelajaran konvensional lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana peserta didik belajar (student-centered).Secara keseluruhan hasilnya dapat kita maklumi yang ternyata tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran peserta didik.

Salah satu penyelesaian masalah pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan adalah lesson study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi permasalahan praktik pem¬bel¬ajaran yang selama ini dipan¬dang kurang bahkan tidak efektif.

Lesson study meliputi kegiatan plan (perencanaan), yang mana seorang pen¬damping melakukan kegiatan memantau perencanaan pembelajaran, sebagai nara sumber materi pembelajaran termasuk setting pembelajaran sampai dengan merevisi rencana pelaksanaan pem¬belajaran,  selanjutnya kegiatan do (pelaksanaan pembelajaran) dan see (kegiatan refleksi). Selama pendampingan, seorang pen¬damping terlibat dalam  kegiatan do yaitu ikut serta dalam observasi pelaksanaan proses pembelajaran utamanya kegiatan/aktivitas peserta didik. Segala aktivitas peserta didik dicatat untuk disampaikan pada kegiatan/pelaksanaan refleksi. Kegiatan terakhir dari rangkaian lesson study untuk satu tahap adalah see (refleksi). Pada kegiatan refleksi dilakukan diskusi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru model.

Dari hasil sharing dengan guru yang terlibat dalam kegiatan lesson study secara umum mereka berpendapat bahwa agar proses pendampingan optimal, pen¬damping: (1) menjadi mitra dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan ter¬libat aktif memberikan kontribusi positif utamanya dalam memperbaiki miskonsepsi materi yang selama ini ditemukan di lapangan. Hal ini dapat dila¬kukan pada saat pelaksanaan plan maupun see, (2) terlibat aktif memberi contoh metode atau strategi pembelajaran yang bervariasi sesuai sintaknya dan membimbing guru untuk melakukan modifikasi saat  kegiatan plan. Sedapat mungkin pendamping me¬nyiapkan diri dengan bekal model-model pembelajaran, pemantapan pengu¬asaan materi ajar, maupun asesmen, (3) memberi saran, kritik konstruktif dan penyelesaian dalam kegiatan re¬fleksi.

Melalui tulisan ini disarankan, bahwa agar lesson study efektif: (1) hendaknya penjadwalan lesson study direncanakan jauh sebelum pelaksanaan, (2) pendamping sedapat mungkin membekali diri dengan kemampuan-kemampuan akademik dan kemam¬puan pedagogi yang diperlukan oleh para guru mitra, (3) kegiatan lain di luar tugas sebagai pendamping hendaknya dihindari, dan (4) membandingkan tampilan antar guru dengan melihat aspek negatif, sedapat mungkin dihindari bahkan ditinggalkan oleh pendamping.

Kata Kunci : lesson study, kolaboratif, plan, do, see, peran pendamping

icon Makalah Lesson Study Dr. Muharjito (62.92 kB)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book