You are here: Home Akademik Karya Ilmiah Penerapan Evaluasi Diri untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan

Fisika UM

Penerapan Evaluasi Diri untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan

User Rating: / 6
PoorBest 

Penerapan Evaluasi Diri untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Perkuliahan

1) Oleh     : Sugiyanto

2) Kata kunci: evaluasi diri, aktivitas belajar

Ada kecenderungan aktivitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan yang semakin menurun. Kecenderungan ini semakin terlihat pada mahasiswa angkatan baru terutama pada semester empat ke atas. Ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi keadaan ini baik secara internal dalam diri mahasiswa maupun eksternal. Secara internal beberapa factor diantaranya berkaitan dengan gaya belajar dan kemampuan beradaptasi individu mahasiswa. Faktor eksternal paling dekat yang diduga turut serta andil dalam hal ini diantaranya adalah kondisi perkuliahan yang ada di masing-masing mata kuliah. Perubahan metode dan strategi pembelajaran tidak sertamerta berimbas pada keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan. Ada mahasiswa yang kelihatan aktif dalam perkuliahan tetapi ternyata hanya keaktifan yang semu karena tidak diiringi dengan peningkatan perolehan hasil belajarnya.

Penerapan evaluasi diri dalam matakuliah Penelitian Pendidikan pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008 bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dan perolehan hasil belajarnya. Tindakan ini diarahkan pada terbentuknya kesadaran individu mahasiswa untuk menilai kegiatan dan perolehan belajarnya secara rutin di setiap 10 menit pada akhir tatap muka.

Evaluasi diri dilaksanakan dengan cara memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa selama 10 menit di setiap akhir pertemuan untuk menuliskan konsep-konsep yang telah dipelajari selama satu pertemuan perkuliahan hari ini. Mahasiswa diminta untuk menuliskan konsep-konsep itu sehingga terbentuk daftar konsep dalam selembar kertas urut dari atas ke bawah. Selanjutnya mahasiswa diminta memberi tanda tertentu pada konsep-konsep yang telah ia pahami, konsep-konsep yang masih bingung, dan konsep-konsep yang masih tidak dipahami sama sekali. Setelah itu mahasiswa diminta menuliskan agenda belajar sampai dengan pertemuan mendatang berkaitan dengan konsep-konsep yang masih kurang dipahami dan yang belum dipahami sama sekali. Hasil evaluasi diri ini digunakan sebagai pemandu bagi mahasiswa dan informasi evaluatif bagi dosen untuk mempersiapkan perkulian pada pertemuan selanjutnya.

Hasil penilaian menyeluruh terhadap kegiatan dan produk-produk yang dihasilkan oleh mahasiswa selama satu semester menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan perolehan hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah Penelitian Pendidikan Fisika, mengalami peningkatan yang sangat baik.

*)   disajikan dalam Seminar Nasional Kecenderungan Baru Fisika dan Kependidikannya, di Jurusan Fisika FMIPA UM pada  Agustus 2008
**) Dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang


Related news items:
Newer news items:

 

UM | MIPA | Pimpinan UM | Elearning FMIPA | Physics Book